Monday, February 25, 2013

Naruto



Naruto adalah sebuah serial manga Jepang yang sampai saat ini masih berkelanjutan. Naruto ditulis dan diilustrasikan oleh Masashi Kishimoto. Naruto bercerita tentang seorang ninja remaja bernama Naruto Uzumaki, yang terus mencari pengakuan dan bermimpi untuk menjadi Hokage, ninja yang diakui sebagai pemimpin dan terkuat dari semua ninja di desanya. 


Manga ini pertama kali diterbitkan oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke-43 majalah mingguan Jepang, Shonen Jump. Manga ini kemudian diadaptasi menjadi sebuah anime, yang diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex. Serial Animasi Naruto tayang perdana di Jepang pada jaringan terestrial TV Tokyo dan jaringan televisi satelit animasi “Animax” pada tanggal 3 Oktober 2002. Seri pertama berlangsung 220 episode, sementara Naruto: Shippuden, sebuah sekuel dari serial aslinya, telah ditayangkan sejak tanggal 15 Februari 2007. Selain serial anime, Studio Pierrot telah mengembangkan delapan film untuk seri animasi dan beberapa video animasi asli (Original Video Animation,OVA). Beberapa jenis produk seperti novel, video game dan kartu juga dikembangkan oleh beberapa perusahaan.

Viz Media menjadi pemegang lisensi manga dan animasi yang diproduksi di Amerika Utara. Seri animasi Naruto mulai ditayangkan di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2005, dan kemudian di Inggris dan Australia pada tahun 2006 dan 2007. DVD pertama Naruto: Shippuden dirilis oleh Viz di Amerika Utara pada tanggal 29 September 2009, dan mulai disiarkan di Disney XD pada bulan Oktober tahun yang sama.

Naruto adalah salah satu serial manga terlaris sepanjang masa dan telah menjual lebih dari 126,5 juta kopi di Jepang saja. Adaptasi bahasa Inggris dari serial naruto juga muncul di USA Today Booklist beberapa kali dan volume ke-7 nya telah memenangkan Quil Award pada tahun 2006.

No comments:

Post a Comment